Kelompok
A
adalah
mata
pelajaran
yang memberikan
orientasi
kompetensi lebih kepada aspek intelektual dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.
Beban belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP)/MADRASAH TSANAWIYAH
(MTs)
KELAS VII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama
yang dianutnya
|
1.1 Menghargai perilaku
beriman,dan
bertaqwa kepada TuhanYME
dan berakhlak
mulia dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
semangat dan komitmen
kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
perumusan Pancasila sebagai
dasar
negara
2.2 Menunjukan
perilaku sesuai norma-norma
dalam berinteraksi
dengan kelompok
sebaya dan
masyarakat
sekitar
2.3 Menunjukkan
sikap toleranterhadap keberagaman
suku, agama, ras, budaya,
gender
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.4 Menunjukkan semangat persatuan
dan
kesatuan dalam memahami daerah tempat
tinggalnya sebagai bagian yang utuh
dan tak terpisahkan dalam
kerangka NKRI
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami sejarah dan
semangat komitmen
para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
3.2 Memahami sejarah perumusan dan
pengesahan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
3.3 Memahami isi
alinea Pembukaan
UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Memahami norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5
Memahami keberagaman suku, agama, ras,
budaya, gender
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Memahami pengertian dan
makna Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKR)
3.7 Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam
kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan
tulisan singkat tentang “sejarah dan semagat komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2 Menyajikan
tulisan singkat tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
4.3 Membuat
kajian isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Menyajikan
hasil pengamatan tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
dan berbangsa
4.5 Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman yang dibingkai Bhinneka Tunggal
Ika
4.6 Menampilkan
perilaku kebersatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7 Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai
bagian utuh dari NKRI
|
KELAS
VIII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama
yang dianutnya
|
1.1 Menghargai
perilaku beriman,dan
bertaqwa kepada TuhanYME
dan berakhlak
mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat,
bangsa, dan Negara
|
2. Menghargai
dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan semangat dan
komitmen kebangsaan
seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
menetapkan Pancasila sebagai dasar
negara
2.2 Menunjukkan semangatkebangsaan
dan
kebernegaraan
seperti yang ditunjukkan
oleh para pendiri negara
dalam dalam menetapkan UUD1945 sebagai landasan
konstitusional negara kebangsaan
2.3 Menunjukkan sikap kebersamaan
dalam
keberagaman masyarakat sekitar
2.4
Menghargai
semangat dan
komitmen sumpah pemuda
dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh
pemuda pada saat
mendeklarasikan
Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5 Menghargai semangat
dan komitmen persatuan dan
kesatuan bangsa untuk
memperkuat dan
memperkokoh NKRI
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1 Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan
pandangan hidup
bangsa
3.2 Menjelaskan
lembaga-lembaga negara dalam
UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
3.3
Mendiskusikan
tata urutan peraturan
perundang- undangan nasional
3.4 Membedakan norma
dan kebiasaan antardaerah
di
Indonesia
3.5 Memahami hak
asasi manusia
dalam UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
3.6 Mendeskripsikan makna keberagaman dalam
bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.7 Mendiskusikan
unsur-unsur Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
|
4. Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam
ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan dan
melaksanakan
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam
kehidupan sehari-hari
4.2
Menyajikan
hubungan fungsi
antar lembaga-
lembaga negara dalam
UUD
Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
4.3
Melaksanakan
kewajiban sesuai peraturan
perundang-undangan dalam kehidupan
sehari-hari
4.4
Melaksanakan
hasil pengamatan tentang norma,
dan
kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat Indonesia
4.5 Mengamati dan melaksanakan
kewajiban asasi manusia sebagaimana diatur UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
4.6 Mengamati dan melakukan kerjasama dalam
masyarakat yang beragam dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7 Mengamati dan menyajikan unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang utuh
|
KELAS IX
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayatiajaran
agama
yang dianutnya
|
1.1 Menghayati perilaku beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME
dan berakhlak
mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antar bangsa
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
penghargaan
terhadap keluhuran
nilai-nilai Pancasila sebagai
pandangan
hidup bangsa
2.2 Menghargai hukum yang
berlaku dalam masyarakat
sebagai wahana perwujudan
keadilan dan
kedamaian
2.3 Menunjukkan
sikap toleransi dan harmoni keberagaman
dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Indonesia
2.4 Meneladani semangat
dan komitmen sumpah
pemuda sebagai perekat kebangsaan
sebagaimana
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan
Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5 Menghayati semangat
dan komitmen persatuan dan
kesatuan nasional dalam mengisi dan
mempertahankan
NKRI
|
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1 Menelaah dinamika perwujudan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2 Menelaah pokok-pokok
pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
3.3 Menelaah norma hukum dan
sistem penegakkan hukum yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.4 Mengemukakan perbedaan
baik dan buruk dalam bertutur
kata, berperilaku, dan
bersikap sesuai dengan kandungan
nilai dan moral Pancasila
3.5 Memecahkan
masalah-masalah yang muncul
dalam keberagaman
masyarakat
3.6 Memahami konteks
kesejarahan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
|
4. Mengolah, menyaji, dan
menalardalam
ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan dan
melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai
dinamika perkembangan jaman
4.2
Menyajikan tulisan
tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Melaksanakan kewajiban dan
menegakkan
hukum yang berlaku
dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.4 Menampilkan contoh
sikap, tutur kata, dan perilakuyang baik,
sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan
hidup sehari-hari di masyarakat,
bangsa dan negara
4.5 Merumuskan dan
mengemukakan ide,gagasanpenyelesaian masalah yang muncul
dalam keberagaman masyarakat
4.6 Menampilkan kajian
dinamika penguatan
komitmen mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan
|